Silenced : Dengar dan Rasakan

Annyeong Speakers…

Kali ini, aku mau review satu film yang sebenernya bukan genrenya aku banget sih. Jadi, judulnya Silenced a.k.a The Crucible yang di sutrdarai oleh Hwang Dong-Hyuk. Ditayangkan perdana tanggal 22 Septembe 2011. Film ini based on true story loh. Berdurasi selama 125 menit, diperankan oleh Gong Yoo (Kang In-Ho), Jung Yu-Mi (Seo Yoo-Jin), Baek Sung-Hwan (Jeon Min-Soo) Jang Gwang  (Principal’s Brother), dan Kim Hyun-Soo (Kim Yeon-Doo). 

vvcap-2018-01-23-05-23-00
Silenced 2011

Jadi, film ini menceritakan Kang In-Ho, adalah seorang guru dari seoul yang dipindah tugaskan untuk mengajar seni disebuah sekolah seni tuna rungu. Kang In-Ho melihat beberapa kejanggalan yang terjadi selama mengajar di sekolah tersebut. Sampai akhirnya dipertemukan dengan seorang aktifis bernama Seo Yoo-Jin dan mereka mengungkapkan kebenaran bersama dengan membantu ketidakadilan yang dialami oleh siswa/I yang mengalami pelecehan seksual di sekolah tersebut. Di film itu, kita bakalan liat bagaimana perjuangan mendapatkan keadilan dan mengungkapkan kebenaran.

Aku sih, suka banget secara keseluruhan sama film ini ya. Well, emang bukan genre aku dan aku sampe ketakutan nonton ini, tapi karena Gong Yoo yang main, ga tau kenapa ya, semoga review film ku kali ini bukan berat sebelah ya. Akan ku coba.  Dari cara pemeran memainkan film tersebut tentu sangat mendalami peran. Banyaknya penggunaan bahasa isyarat, membuat kesan yang tidak biasa di dalam suatu film. Mungkin, agak sedikit bosan di awal ya karena kurang banyak percakapannya. Ya aku pikir karena memang dari judulnya. Tapi karena kata kunci dari film itu adalah anak-anak tuna rungu.

62f03bc0-d5a8-48a1-aad4-bbee9e87058e
Kang In-Ho mengajar di sekolah seni tuna rungu.

Jujur aja, aku kurang suka sama bagian adegan yang tak senonoh, dan menurut aku terlalu vulgar. Mungkin di Korea adegan seperti itu aman-aman aja, cuman aku deg-deg-an setengah mati karena adegannya. Ini lebih dari adegan perkelahian, aku ga akan spoiler apapun. Buat kalian yang penasaran yuk di tonton. Acting dari anak-anaknya juga total banget sih, mereka kan diceritainnya tuna rungu dan dari cara anak-anak memainkan perannya, sangat bagus. Sutradaranya berhasil banget buat film ini semakin dekat dengan penonton

maxresdefault
Seorang anak yang memberikan kesaksian

Sekarang aku bakalan jelasin dari segi art nya. Oke, menurut aku ya art dan segala hal detail di dalamnya udah mendukung cerita banget. Jadi set lokasinya sebagian besar berada di sebuah sekolah sekaligus, asrama tempat anak-anak tuna rungu itu tinggal, dan ada juga set lokasi di pengadilan. Sebenernya, hal yang bikin aku bingung adalah dari kepala sekolahnya. Karena ternyata dia itu punya kemabaran dan dia juga merupakan pelaku pelecehan seksual. Disini, awalnya kita bakalan dipusingkan dengan perbandingan secara fisik dari mereka. Tapi, pada akhirnya akan dijelaskan bagaimana membedakan kepala sekolah, dengan kembarannya.

silenced07
Seorang anak yang memberikan kesaksian di pengadilan

Aku bakalan bahas dari segi editing, kamera, dan teknis dari film ini. Suasana yang tergambar dari film ini, ingin menggambarkan kesan yang gelap, selalu berada di dalam sekolah yang tata cahayanya cukup redup karena setting dari cerita film tersebut. Menggambarkan keadaan yang mencekam, dan menegangkan. Terus dari segi editingnya, well aku sebenernya kurang paham soal editing tapi akan ku coba. Jadi, bagian editingnya bagus transisi dari film silenced ini, juga ga berlebihan ada beberapa flashback yang akan memperjelas cerita kedepannya. Ada beberapa penjelasan yang lebih detil saat mulai flashback. Bagian detail dari tiap adegan juga diedit dengan baik. Ya pokoknya kece lah buat kalian yang suka genre thriller, dan kasus kayak gini.

MV5BMTUwNTY5MzcwNF5BMl5BanBnXkFtZTgwMjM4NjYyMzE@._V1_CR1,0,718,404_AL_UY268_CR0,0,477,268_AL_
Jeon Min-Soo yang sedang diancam 

Terakhir, aku alasan kenapa aku milih untuk mereview film ini. Satu, film ini mengankat dari kisah nyata, dan pastinya kisah sebenarnya mungkin lebih kejam dari itu, jadi bisa dijadikan sebuah pelajaran. Yang kedua, ceritanya yang twist plot. Di akhir, kita akan lihat apakah kekuasaan mampu mengalahkan keadilan? Dan yang ketiga, Silenced boleh saja menjadi film yang sunyi, tapi yakin lah suara mereka akan terdengar oleh orang-orang yang percaya pada keadilan akan datang pada waktunya. Film ini saya rekomendasikan pada siapa saja, salah satu film yang wajib kalian tonton, khususnya para penegak hukum. 

Buat kalian yang penasaran sama filmnya, langsung nonton aja buat referensi tontonan di liburan kamu. Hadiahnya, karena kalian baca blog aku sampai disini, aku bakalan kasih trailer buat kalian 

Happy Watching…

Leave a comment

Website Powered by WordPress.com.

Up ↑